Beberapa waktu belakangan, istilah creative agency menjadi istilah yang populer terutama di kalangan anak muda. Agency menjadi tujuan banyak orang sebagai pekerjaan dambaan ketika sudah lulus dengan berbagai alasan di baliknya. Sebelum lebih jauh, sebaiknya kenali dulu apa itu agency, ini penjelasannya!
Agency saat ini menjadi perusahaan yang terbilang begitu spesial. Berdasarkan Market Business News, agency sendiri memiliki arti sebuah bisnis atau organisasi yang memberikan sebuah layanan tertentu.
Keberadaan bisnis creative agency sebenarnya punya tugas utama yaitu menjadi sebuah perantara bagi pihak satu dan pihak lain. Kedua belah pihak tersebut yaitu pihak yang membutuhkan jasa serta pihak yang bisa menjalankan sebuah proyek.
Adanya agency mengacu pada dunia industri kreatif seperti untuk branding, marketing, maupun advertising. Peran utama agency yaitu menyelesaikan sebuah proyek berdasarkan brief atau arahan dari klien.
Terdapat beberapa jenis jasa creative agency yang bergerak di bidang berbeda-beda dengan cara kerja yang juga beragam. Berikut ini beberapa jenis creative agency di Indonesia:
Pertama ada digital agency yaitu sebuah badan yang menyediakan jasa utamanya untuk dunia marketing serta kreativitas di dunia digital. Ada beragam layanan dari digital agency ini seperti untuk optimalisasi website menggunakan SEO atau SEM, media campaign, desain website, dan sebagainya.
Contohnya yaitu creative agency website yang membangun website berisikan artikel SEO ataupun campaign dengan tampilan menarik. Beberapa skill dasar dari digital agency seperti marketing, copywriting, UI design, dan sebagainya.
Selanjutnya ada advertising agency yang terbilang paling umum dengan fokus utama menyediakan layananan periklanan serta marketing.
Pihak satu ini memiliki orang yang khusus bekerja untuk membantu pelanggan membuat sebuah campaign demi mencapai pasar.
Berbeda dengan agency sebelumnya, biasanya untuk marketing agency ini pihak utama perusahaan lebih spesifik pada marketing saja.
Umumnya, marketing agency ini fokus pada memberikan konsultasi terkait dengan strategi yang tepat untuk mengembangkan marketing sebuah brand. Beberapa skill dasar yang dimiliki agency ini, seperti riset pasar, pengembangan produk, hingga berbagai program marketing lainnya.
Kemudian ada entertainment agency yang khusus untuk dunia hiburan saja. Agency satu ini memiliki orang-orang profesional di dunia hiburan, seperti penari, musisi, pelawak, aktor, hingga beragam pelaku hiburan lainnya.
Lalu ada public relation (PR) agency untuk klien yang memerlukan sebuah image tertentu di mata masyarakat. Beberapa contoh agency ini, misalnya untuk talkshow, podcast, dan lain-lain di media.
Berbeda dengan agency lainnya, branding agency berfokus pada pembentukan identitas sebuah brand secara menyeluruh. Agency ini memperhatikan mulai dari pra-produksi hingga pasca produksi, bahkan untuk urusan logo, moto produk, dan sebagainya.
Intinya adalah agency ini menyediakan jasa untuk membuat sebuah brand memiliki identitasnya sendiri di mata pelanggan.
Terakhir ada creative agency itu sendiri yang menyediakan seluruh jasa berkenaan dengan industri kreatif. Agency ini mencakup keseluruhan agency di atas, bersifat lebih umum dan lebih luas.
Salah satu creative agency terbaik misalnya Hanindo yang bisa memberikan arahan kreatif seperti produksi konten, membangun image sebuah brand, dan sebagainya. Creative agency ini beranggotakan pekerja kreatif lengkap seperti videografer, copywriter, desainer grafis, art director, dan sebagainya.
Keberadaan creative agency sangat membantu sebuah brand semakin memperluas pelanggannya. Anda yang ingin membangun brand image atau pekerjaan kreatif lainnya bisa segera menghubungi Hanindo yang telah berpengalaman sejak 2009.