Sebagian besar orang pasti tertarik untuk mendirikan bisnis skala UKM maupun besar. Dalam membangun sebuah bisnis, tentu diperlukan strategi yang dapat menunjang dan mensukseskan bisnis tersebut, salah satunya adalah advertising.
Periklanan/advertising adalah suatu proses atau upaya untuk menarik perhatian calon konsumen melalui media tertentu. Biasanya produk yang diiklankan akan disampaikan melalui pesan ajakan dalam bentuk teks, video, maupun gambar.
Bagi seorang pebisnis pemula, hal ini menjadi sesuatu yang asing dan sulit dimengerti. Maka dari itu, dibutuhkan kerja keras dan kemauan untuk belajar tentang strategi promosi bisnis.
Saat ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk memulai sebuah bisnis. Dengan dana terbatas pun Anda bisa memulai bisnis dari skala kecil. Anda bisa memanfaatkan platform gratis untuk melakukan pemasaran produk.
Tidak menutup kemungkinan juga untuk dapat meningkatkan bisnis menuju ke skala yang lebih besar. Bagaimana caranya? Simak beberapa strategi promosi produk berikut ini.
Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mempromosikan produk kepada orang-orang terdekat. Anda bisa memperkenalkan produk kepada keluarga, kerabat, tetangga, dan saudara.
Cara ini cukup efektif untuk memulai bisnis Anda, karena tidak membutuhkan modal dan mudah dijalankan. Agar dapat menghemat waktu, Anda bisa mengirimkan pesan broadcast dalam grup WhatsApp maupun media sosial pribadi.
Berikan perkenalan yang menarik dan yakinkan mereka bahwa produk yang Anda tawarkan memang berkualitas. Sehingga mereka akan tertarik untuk membelinya.
Seorang pebisnis pemula setidaknya memiliki akun di media sosial untuk keperluan bisnis. Pilihlah beberapa media sosial yang banyak diakses, seperti Instagram, TikTok, Twitter, maupun Facebook.
Di situ, Anda bisa melengkapi profil bisnis dan aktif dalam mem-posting gambar/video promosi produk. Sebelum membuat posting-an, ketahui terlebih dahulu bagaimana cara promosi yang menarik.
Mengapa? Agar posting-an tersebut mendapatkan banyak perhatian dan interaksi dari pengguna media sosial tersebut.
Memberikan produk secara cuma-cuma kepada calon konsumen bukanlah sesuatu yang merugikan. Justru ini menjadi salah satu strategi promosi yang efektif untuk bisnis Anda.
Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu bagi-bagi produk dengan cara giveaway maupun sebagai bonus pembelian jenis produk lainnya. Jika memilih melakukan giveaway, buatlah peraturan kepada para peserta untuk follow akun media sosial Anda.
Jadi, selain mendapatkan data orang-orang yang tertarik dengan produk tersebut, Anda juga akan mendapatkan followers gratis.
Promosi bertujuan untuk mendapatkan penjualan yang signifikan. Anda bisa mengadakan kompetisi online untuk memperkenalkan produk. Misalkan Anda melakukan penjualan melalui website resmi, bisa coba adakan lomba menulis artikel secara online.
Jadi, para peserta akan menulis/review produk Anda di website pribadinya. Sehingga, Anda secara tidak langsung melakukan promosi digital melalui blog/ website milik mereka.
Media sosial menjadi salah satu platform yang bagus untuk melakukan advertising. Dikarenakan platform tersebut sudah memiliki banyak pengguna yang selalu aktif di waktu tertentu.
Jika target Anda adalah anak-anak muda dan kekinian, cobalah untuk menggunakan platform Instagram. Di situ Anda bisa beriklan melalui fitur periklanan berbayar yang telah disediakan oleh Instagram.
Dalam dunia bisnis dan advertising tidak ada sesuatu yang instan. Jika baru pertama kali Anda melakukan promosi secara online, belum tentu akan langsung berhasil. Maka dari itu, Anda juga harus belajar menganalisis parameter dan terus mencoba. Segera mulailah langkah awal promosi bisnis Anda!