Saat ini, untuk dapat melakukan presentasi, ceramah, atau seminar tidak harus berkumpul pada suatu ruangan dan bertatap muka. Presentasi, ceramah, dan seminar tersebut dapat dilakukan secara virtual. Dengan perkembangan teknologi saat ini, sangat memungkinkan untuk melakukan konferensi video melalui internet. Konsep ini dikenal dengan sebutan Webinar. Kehadiran konferensi video secara online dinilai sangat efektif dan dapat menghemat banyak waktu serta biaya. Pasalnya, pembicara dan peserta seminar tidak harus menghabiskan waktu dan biaya untuk berkumpul pada suatu ruangan tertentu. Cukup di rumah atau di lokasi dengan jaringan internet yang memadai, seminar sudah dapat dilaksanakan. Terlebih dengan munculnya berbagai perangkat lunak penyedia layanan Webinar, membuat presenter dan peserta dapat saling berinteraksi dan berdiskusi secara real-time. Hanindo selaku perusahaan jasa yang menyediakan EO untuk membantu perusahaan menyelenggarakan berbagai kegiatan akan memberikan informasi seputar manfaat melakukan webinar bagi sebuah perusahaan.
Teknik presentasi secara virtual ini juga dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran. Berikut penjelasan terkait manfaat menyelenggarakan Webinar sebagai media pemasaran untuk mengembangkan bisnis dari Hanindo :
1. Memperkenalkan Produk Baru
Pada umumnya ketika sebuah perusahaan meluncurkan produk terbarunya, perusahaan yang dibantu oleh sebuah event organizer terbaik untuk mengadakan sebuah event dengan mengundang berbagai pemangku kepentingan dan media. Event tersebut tentunya akan memakan waktu dan biaya yang cukup besar. Dengan hadirnya Webinar, memperkenalkan produk terbaru bisa menjadi lebih mudah dan murah. Bahkan dengan memanfaatkan seminar online ini anda dapat memperkenalkan produk dengan jangkauan yang lebih luas.
2. Meningkatkan Awareness
Webinar dinilai merupakan sebuah cara efektif untuk meningkatkan brand awareness. Seminar online ini dapat dimanfaatkan untuk menceritakan keunggulan produk dan bisnis suatu perusahaan. Selain itu secara berkala, perusahaan dapat terus berkomunikasi dengan konsumen dengan memberikan informasi terkait tips bermanfaat bagi konsumen. Bahkan seminar online ini dapat menjaring calon konsumen baru jika seminar tersebut membahas sebuah tema yang menarik.
3. Mengumpulkan Leads
Seminar web yang berbasis online dapat mengumpulkan leads bagi perusahaan, dimana leads tersebut dapat diubah menjadi konsumen potensial perusahaan. Melalui seminar, peserta akan meninggalkan nama dan kontak yang dapat dihubungi sehingga perusahaan dapat melakukan follow up kepada calon konsumen tersebut agar tidak kehilangan mereka. Dengan demikian perusahaan akan lebih mudah untuk mengirimkan informasi terkait produk dan promosi terbaru perusahaan.
4. Mendapatkan Feedback
Salah satu keistimewaan web seminar dibandingkan dengan video online pada umumnya adalah adanya interaksi antara pembicara dan pendengar. Pendengar atau konsumen dapat memberikan feedback secara langsung atas seminar yang tengah berjalan. Perusahaan dapat mengumpulkan feedback sebanyak mungkin dari konsumen atau peserta seminar. Feedback tersebut dapat digunakan oleh perusahaan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan terhadap produk, layanan, maupun kegiatan promosi yang dijalankan.
5. Terlihat Unggul Daripada Kompetitor
Penyelenggaraan Webinar membuat perusahaan lebih mudah untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi terkait produk dan promosi kepada konsumen. Hal tersebut membuat konsumen lebih mudah untuk mengenal produk dan menciptakan relasi yang kuat antara produk dan konsumen. Selain itu, perusahaan juga dapat secara intens memberikan edukasi kepada konsumen terkait produk dan berbagai hal terkait produk. Dengan demikian kepercayaan konsumen terhadap perusahaan akan meningkat, yang pada giliran selanjutnya dapat menciptakan pembelian hingga loyalitas.
Itulah beberapa manfaat Webinar sebagai media pemasaran. Media pemasaran jenis ini dinilai lebih mudah dan murah. Pasalnya, perusahaan dapat mengadakan marketing event tanpa harus mengeluarkan biaya besar menyiapkan waktu, tempat, bahkan berkerjasama dengan sebuah EO untuk membantu mempersiapkan webinar. Marketing event merupakan sebuah wahana yang tepat untuk membangun dan menumbuhkan ikatan antara perusahaan dan konsumen. Maka Anda jangan salah memilih EO untuk melaksanakan kegiatan Anda ya.