January 16, 2022

Gathering & Outing: Apa Perbedaanya?

Jangan salah sebut, ada perbedaan antara gathering dan outing yang perlu dipahami. Keduanya sama-sama berbentuk kegiatan yang menyenangkan dan dilakukan oleh kelompok komunitas, kantor, sekolah, dan lain sebagainya yang bersifat refreshing.

Namun, gathering sifatnya lebih luas, karena bisa dilakukan di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Nah, sebenarnya apa yang berbeda dari gathering dan outing ini, dan apa saja contoh dari kedua kegiatan tersebut?

Apa itu Gathering dan Outing?

Outing merupakan kegiatan untuk kelompok komunitas, karyawan, kantor, sekolah, dan lain sebagainya yang sifatnya rekreasi, bersenang-senang, dan dilakukan di luar ruangan. Kegiatannya yang ringan dan menyenangkan, tidak akan membebani fisik, pikiran, dan emosional.

Sedangkan untuk gathering kantor adalah kegiatan yang dilakukan oleh kelompok komunitas, karyawan, kantor, sekolah, dan sebagainya yang sifatnya juga untuk rekreasi, namun bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan.

Pada dasarnya keduanya memiliki aktivitas yang sama. Hanya saja gathering memiliki batasan yang lebih luas, karena bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. Sedangkan untuk outing dilakukan di ruang ruangan.

Dalam hal tujuan dan manfaat gathering ataupun outing tidak ada perbedaan. Keduanya memiliki tujuan untuk mengenalkan dan mengakrabkan, berekreasi atau bersenang-senang agar pikiran lebih fresh, dan juga untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap kelompok, komunitas, perusahaan, sekolah, dan lainnya.

Di dalam gathering dan outing ini murni memberikan waktu kepada karyawan untuk kembali merefresh pikiran setelah aktivitas yang menjenuhkan. Diharapkan setelah melakukan kegiatan tersebut, semua orang yang mengikutinya bisa merasakan efek positif, lebih produktif dan fresh saat kembali ke aktivitas.

Contoh Kegiatan Gathering dan Outing

Outing bisa disebut gathering, tapi acara gathering belum tentu bisa dikatakan outing. Karena perbedaan utamanya terletak pada tempat diselenggarakannya acara. Jika outing harus dilakukan di luar ruangan, gathering bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan.

Sedangkan untuk kegiatan yang dilakukan antara gathering dan outing relatif sama. Yaitu keduanya bersifat menyenangkan dan ringan. Tidak ada hal yang membebani baik fisik maupun emosional ketika melakukan kegiatan tersebut.

Contoh kegiatan gathering dan outing adalah sebagai berikut:

  • Camping di pegunungan, acara ini lebih bisa dikatakan outing dan juga gathering. Karena lokasinya yang berada di luar ruangan. Tidak sedikit pula pihak penyelenggara menyisipkan konsep permainan tertentu di agenda outing seperti ini, sehingga akan lebih menambah kekompakan setiap orang.
  • Mengunjungi wahana permainan, acara ini lebih dekat dengan outing, dan juga bisa disebut gathering. Banyak wahana permainan yang juga menyediakan konsep tertentu, khusus untuk outing kantor.
  • Menginap di Kepulauan Seribu, acara ini juga bisa disebut dengan outing dan gathering. Biasanya acara menginap seperti ini juga diisi dengan berbagai kegiatan bersama.
  • Glamping di kawasan wisata alam, glamour camping seperti ini semakin populer. Banyak kawasan wisata yang menyediakan tempat seperti ini. Bahkan banyak juga yang dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap.
  • Acara ulang tahun perusahaan, merupakan bentuk acara gathering dan biasanya rutin diselenggarakan setiap tahun. Dalam acara ini juga banyak diisi dengan konsep tertentu yang bertujuan untuk lebih mendekatkan para karyawan.
  • Acara syukuran akhir tahun, acara ini juga hampir sama dengan acara ulang tahun perusahaan yang bisa dikategorikan dalam bentuk gathering.
  • Penyambutan pimpinan baru perusahaan, acara gathering ini biasanya digunakan untuk menyambut pimpinan baru dan mengenalkan para karyawan. Acara ini juga diisi berbagai konsep yang menarik agar para karyawan dan pimpinan bisa semakin akrab.

Untuk kegiatan gathering ataupun outing terbaik, Hanindo akan menjadi mitra yang mampu mengakomodasi ide-ide kreatif Anda. Banyak juga rekomendasi tempat terbaik yang kami tawarkan untuk agenda gathering ini.

Itulah perbedaan gathering dan outing yang biasanya sering salah disebut oleh orang. Setelah tahu apa perbedaannya, tentukan tempat dan event organizer terbaik untuk merealisasikannya bersama Hanindo.