September 24, 2022

Cara Membuat Company Profile untuk Branding Perusahaan

Company profile menjadi media yang sangat efektif dalam branding, marketing, _dan juga media komunikasi yang sangat efektif bagi perusahaan. Dengan adanya media ini, perusahaan akan lebih dikenal, sehingga bisa meningkatkan _engagement terhadap brand yang dibuat.
Dilihat dari media yang digunakan, company profile punya beberapa bentuk, seperti majalah, video, hingga website. Bentuk media itu pun terus berkembang seiring dari perkembangan teknologi yang digunakan. Namun pada dasarnya setiap bentuk tersebut, memiliki konten yang sama.
Nah, simak bagaimana cara membuat company profile sederhana untuk branding perusahaan tersebut?

1. Melakukan Riset Secara Lengkap Terlebih Dahulu

Tahap awal ini harus dilakukan untuk mendapatkan data-data yang lengkap penting untuk dimasukkan ke dalam company profile. Data-data tersebut bisa didapatkan dari dokumen dan juga wawancara.
Sumber informasi yang digunakan berasal dari internal perusahaan dan juga eksternal perusahaan. Dari bagian internal perusahaan data-data yang dikumpulkan berupa visi dan misi, selogan, budaya, keunggulan perusahaan, dan lainnya.
Sedangkan dari eksternal berupa data-data keadaan pasar, segmentasi, kekuatan terhadap kompetitor, bahkan hingga ancaman. Semua data tersebut dikumpulkan selengkap mungkin, sehingga akan mempermudah langkah-langkah selanjutnya.

2. Pembuatan Naskah

Tahapan selanjutnya adalah pembuatan naskah yang dibuat berdasarkan berbagai macam data-data yang telah dikumpulkan sebelumnya. Data-data tersebut disusun berdasarkan urut-urutan yang jelas, sehingga mudah diterima oleh pembaca.

  • Adapun urut-urutan dari naskah tersebut sangat bergantung dari kreativitas penulis naskah. Namun, pada umumnya susunan dari isi company profile tersebut adalah sebagai berikut:
    • Sejarah
    • Filosofi
    • Budaya
    • Sambutan dari pimpinan
    • Identitas dan alama
    • Visi dan misi
    • Pelayanan dan fasilitas
    • Prestasi
    • Perkembangan tahunan
    • Sumber daya manusia
    • Program CSR (Corporate Social responsibility)

3. Penentuan Format Media

Seperti dikatakan sebelumnya ada beberapa bentuk media yang digunakan dalam membuat company profile. Seperti website, video, buku, dan lain sebagainya.
Dalam menentukan format media ini harus disesuaikan dengan model bisnis perusahaan itu sendiri. Seperti contoh company profile perusahaan jasa yang menawarkan produknya melalui website resmi, tentunya membutuhkan media branding yang kuat.
Perusahaan bisa memanfaatkan media sosial atau juga website untuk tujuan tersebut. Di era seperti sekarang ini, format paling tepat tentunya berupa website dan juga video yang bisa diunggah ke media sosial.

4. Produksi Konten

Setelah menentukan format apa yang digunakan, di bagian ini waktunya menyesuaikan antara data-data informasi dengan format tersebut. Contohnya jika membuat format buku, tentunya disesuaikan dengan cara penulisan tertentu.
Jika format video tentunya butuh proses syuting, dan editing video. Data-data hasil riset menjadi pedoman dalam pembuatan video tersebut.
Begitu juga ketika membuat company profile ini dalam bentuk website. Anda bisa bekerjasama dengan para desain grafis atau website desainer.
Proses produksi ini membutuhkan waktu yang cukup panjang. Apalagi perlu juga proses revisi, dan lain sebagainya.

5. Publiksi Company Profile

Setelah produksi company profile tersebut selesai, saatnya untuk mempublikasikannya. Publikasi ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Seperti melalui event khusus dari perusahaan, iklan, dan lain sebagainya.

6. Evaluasi

Setelah semua dilakukan, harus ada proses evaluasi. Evaluasi ini dilakukan dengan cara menilai keefektivitasan dari company profile yang sudah diterbitkan. Apakah sudah efektif dalam menjangkau pasar, dan memberikan efek positif terhadap penjualan?

Sebagai creative media, Hanindo memberikan layanan pembuatan company profile sesuai kebutuhan Anda. Mulai dari format video, buku, website, dan berbagai format cetak maupun elektronik lainnya.
Itulah cara membuat company profile yang efektif. Pembuatan konten yang kreatif akan memberikan dampak sangat positif terhadap branding perusahaan.